banner here

Daftar VPS Hosting Murah Indonesia Dan Luar Negeri

- June 23, 2018
advertise here
VPS hosting merupakan salah satu kebutuhan seorang blogger jika blognya telah memenuhi traffik tertentu, misalnya telah mencapai 10.000 pengunjung perhari. Pengunjung sebesar 10.000 perhari tidak akan mampu ditopang oleh hosting sekelas share hosting. Kalaupun ada, itu sangat jarang dan kami pun jarang sekali menemuinya. VPS hosting merupakan salah satu solusi untuk menopang traffik pengunjung yang membludak.



VPS hosting hampir sama seperti dedicated hosting, hanya beda dari sisi resource dan cara pengelolaannya. Para penyedia vps biasanya telah menyediakan semua kebutuhan OS yang bisa digunakan setiap waktu. Para pengguna vps dapat melakukan install ulang, restart, backup dan lain sebagainya sesuai fitur yang ditawarkan oleh penyedianya. Sistem operasi yang banyak digunakan adalah linux, contohnya adalah linux, debian, fedora, Centos dan masih banyak lainnya.

Pengertian VPS



VPS atau virtual private server adalah suatu teknologi server side tentang sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa virtual mesin. Tiap virtual mesin ini dapat melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat.

Layanan VPS Indonesia



Penyedia layanan hosting di indonesia saat ini banyak yang menawarkan layanan vps hosting. Dari sekian banyak penyedia layanan yang ada, berikut ini daftar layanan yang pernah kami temukan :

1). Cloudkilat

Cloudkilat merupakan layanan hosting yang dimiliki oleh PT Infinys System Indonesia. Layanan hosting paling murah yang ditawarkan adalah share hosting dengan harga Rp. 50.000,00 per bulan. Layanan lainnya sekelas vps harganya sebesar Rp. 45.000,00 per bulan dengan ram sebesar MiB disebut sebagai kilatiron.

Sedangkan untuk layanan vps, harga paling murah adalah Rp. 185.000,00 per bulan dengan RAM 1 GB. Terkadang pada momen-momen tertentu, cloudkilat memberikan promo harga lebih murah. Misalnya saat puasa ramadhan, hari raya idul fitri dan hari kemerdekaan indonesia.

Kami pernah menggunakan share hosting dari cloudkilat, yang sayangnya terkadang agak lambat pada saat tertentu. Hal itu terjadi kurang lebih 5 tahun yang lalu. Mudah-mudahan saat ini sudah tidak lambat lagi.

2). Hostinger

Hostinger merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan vps hosting dengan harga cukup murah. Harga paling murah yang ditawarkan adalah Rp. 65.540,00 sebulan. Fitur yang ditawarkan adalah install OS setiap waktu, start, stop, restart dan memasang firewall dengan mudah. Storage yang digunakan sudah menggunakan SSD.

3). Rumahweb

Rumahweb merupakan penyedia layanan hosting vps dengan harga agak mahal. Untuk VPS dengan datacenter di indonesia, harga yang ditawarkan kurang lebih Rp. 199.000,00 dengan RAM 512 MB. Harga ini jauh lebih mahal dari harga vps yang ditawarkan oleh hostinger dan cloudkilat. Harga ini sepertinya sudah termasuk managed server, seperti tertulis di halaman websitenya.

Layanan yang menarik bagi kami adalah adanya layanan paket wordpress hosting. Layanan tersebut menjanjikan RAM sebesar 512 MB untuk 1 website/blog dengan harga Rp. 25.000,00 per bulan. Paket wordpress ini didukung oleh LiteSpeed Webserver dan HTTP2 yang diharapkan mampu memberikan kecepatan loading yang tinggi.

4). Niagahoster

Niagahoster saat ini menyediakan promo vps dengan harga murah. Anda cukup membayar Rp. 112.500,00 per bulan akan mendapatkan VPS dengan RAM 1024 MB dan CPU dengan kecepatan 2,4 GHz. Bandwith yang didapatkan kurang lebih sebesar 1000 GB. Kontrol panel yang digunakan pun cukup mudah untuk melakukan segala aktivitas hosting. Seperti membuat database, dns management, FTP, install ssl, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

5). Metroworldhost

Metroworldhost merupakan penyedia layanan vps hosting dengan datacenter yang lumayan komplit. Datacenter yang disediakan ada di dalam negeri yaitu di indonesia dan di luar negeri yaitu di singapore, hongkong dan china. Harga yang ditawarkan cukup murah, yaitu mulai Rp. 69.000,00 per bulan untuk datacenter jakarta dan Rp. 77.000,00 per bulan untuk datacenter singapore. Sedangkan untuk datacenter di hongkong dan china, dapat mengontak langsung ke bagian sales untuk mengetahui harganya.

Layanan VPS Luar Negeri



Layanan vps untuk luar negeri memiliki harga yang lebih murah daripada dalam negeri dengan fitur dan bandwith yang lebih banyak. Berikut ini daftar VPS luar negeri yang kami rekomendasikan.

1). Vultr

Vultr merupakan salah satu penyedia layanan vps yang memiliki datacenter sangat banyak di seluruh dunia. Datacenternya antara lain di singapore, tokyo, amsterdam, dallas, frankfurt dan masih banyak lainnya. Harganya pun tidak mahal, yaitu kurang lebih 2,5 dollar per bulan dengan RAM 512 MB, storage 20 GB SSD dan bandwith 500 GB. Kami pernah mencobanya dan lumayan kencang loading blognya, dimana kala itu kami menggunakan wordpress. Vultr menyediakan paket instalasi, contohnya wordpress yang cukup mudah untuk digunakan. Dengan sekali menekan tombol instalasi wordpress, blog anda yang dipersenjatai oleh wordpress akan langsung tersedia dalam hitungan menit.

2). Digitalocean

Digitalocean merupakan salah satu penyedia vps yang cukup banyak digunakan oleh para blogger dan developer. Harga yang ditawarkan lebih mahal daripada vultr yaitu 5 dollar per bulan untuk RAM 512 MB, storage 20 GB SSD dan bandwith 1 Tera. Digitalocean juga menyediakan layanan baru bernama loadbalancer. Fungsi loadbalancer adalah untuk mendistribusikan traffik ke beberapa wilayah server agar tidak langsung menyentuh server utama, sehingga server utama bebannya tidak terlalu besar.

Fiturnya cukup lengkap seperti start, stop, install ulang, backup vps dan lain sebagainya. Dokumentasinya didukung oleh banyak developer di dalam komunitas, menjadikannya cukup mudah untuk digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun. Selain itu, juga tersedia banyak template-template yang memudahkan untuk instalasi, misalnya template wordpress, template LAMP dan masih banyak lainnya.

3). Linode

Linode merupakan salah satu layanan vps yang banyak digunakan oleh developer. Harganya yang cukup terjangkau yaitu 5 dollar per bulan untuk memori 1 GB, storage 20 GB SSD dan bandwith 1 TB, menjadikannya salah satu pilihan blogger saat ini. Fiturnya cukup lengkap diantaranya DNS management untuk pengaturan pointing domain ke vps, start, stop, install ulang, backup vps dan lain sebagainya. Dokumentasinya cukup lengkap dan banyak pula tutorial yang dibuat oleh para developer pengguna linode menjadikannya mudah untuk digunakan, bahkan oleh blogger pemula sekalipun. Ikuti semua langkah-langkah yang ada didokumentasinya dan anda pun langsung bisa menggunakan vps untuk hosting blog. Selain itu, juga terdapat stack script yang memudahkan untuk proses instalasi, misalnya stack script wordpress, LAMP, LEMP dan masih banyak lainnya. Semuanya bersifat open source dan gratis. Datacenter terdekat dengan indonesia adalah singapore.

4). Ramnode

Ramnode merupakan salah satu penyedia vps yang berbasis di amerika. Sayangnya datacenter yang yang ada tidak ada yang dekat dengan indonesia. Semua datacenter berada di amerika. Virtualisasi mesinnya ada dua sistem, yaitu OpenVZ dan KVM. Harga yang murah ada di sistem OpenVZ, sedangkan sistem KVM harganya cukup mahal. Sayangnya ramnode tidak menyediakan backup vps seperti lainnya. Harga termurah yang ditawarkan adalah 15 dollar per tahun dengan RAM 128 MB, virtualisasi OpenVZ.

Untuk virtualisasi dengan KVM harganya cukup mahal, yaitu 3,5 dollar per bulan untuk premium KVM SSD, dengan RAM 256 MB. Namun sesuai dengan janji dari ramnode, bahwa sistem KVM mempunyai kenggulan dalam hal kestabilan dan performance yang lebih baik dan cepat.

Dari semua layanan vps hosting yang disebutkan di atas disebut sebagai vps unmanaged karena kita sebagai pengguna yang harus melakukan konfigurasi supaya bisa digunakan untuk keperluan hosting. Layanan vps yang pernah kami gunakan adalah cloudkilat, vultr, digitalocean, linode dan ramnode. Bagi blogger dengan ilmu vps yang minim sebaiknya menggunakan vps yang memiliki fitur installer seperti vultr, digitalocen dan linode. Untuk wordpress, minimal RAM yang dibutuhkan jika menggunakan installer adalah 1 GB. Jika anda memilih untuk install worpdress secara manual, RAM 512 MB sudah cukup untuk blog wordpress. Atau jika ingin install wordpress dengan cpanel di dalam layanan vps unmanaged, anda bisa membayar jasa seorang admin system untuk instal cpanel. Setahu kami, linode menyediakan layanan instalasi cpanel dengan sejumlah biaya tertentu.

Demikian informasi singkat tentang layanan hosting vps yang bisa kami sebutkan, walau sebenarnya masih banyak lainnya. Kami sarankan untuk blog baru, menggunakan vps vultr dengan harga murah yaitu 2,5 dollar per bulan dengan RAM 512 MB atau ramnode dengan harga 3,5 dollar per bulan Dengan RAM 1 GB (Virtualisasi OpenVZ). Dengan RAM sebesar itu sudah cukup untuk traffik blog 500 sampai 1000 per hari, dengan platform blog menggunakan wordpress.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search