banner here

Pengertian Virtual Account Dan Kegunaan Virtual Account

- June 22, 2018
advertise here
Apakah sobat pernah menerima kwitansi tagihan dengan rekening virtual account? Kalau pernah, berarti sobat telah melihat teknologi dan metode terbaru di bidang perbankan yang menggunakan rekening virtual account sebagai penampungan pembayaran.

Virtual account menjadi salah satu solusi bagi pihak penerimaan pembayaran, seperti asuransi, leasing, penyedia internet, dan masih banyak lainnya. Dengan menggunakan virtual account, rekening asli akan digantikan dengan nomor rekening virtual. Setiap transaksi yang menggunakan nomor rekening virtual tersebut mewakili nomor rekening aslinya.



Pengertian Virtual Account



Virtual account adalah nomor identifikasi pelanggan perusahaan (end user) yang dibuat oleh Bank untuk selanjutnya diberikan perusahaan kepada pelanggannya (perorangan atau non perorangan) sebagai identifikasi penerimaan (collection). (sumber : www.bankmandiri.co.id/article/commercial-virtual-account.asp )

Jumlah tagihan virtual account akan berbeda-beda dengan nomor virtual account yang berbeda-beda pula untuk tiap nasabah yang berbeda, baik perorangan atau perusahaan.

Bank yang telah menyediakan virtual account diantaranya adalah bank bca, mandiri, bank muamalat, dan masih banyak lainnya. Sedangkan bank lainnya, kami tidak tahu. Setiap nasabah dapat membuat virtual account dengan s

Penggunaan Virtual Account



Virtual account banyak digunakan di beberapa hal berikut :

1). Toko Online

Banyak toko online yang memanfaatkan adanya virtual account. Jadi setiap ada transaksi penjualan barang, setiap nasabah akan menerima virtual account yang berfungsi seperti nomor rekening yang dapat digunakan untuk pembayaran barang tersebut. Nomor virtual account akan berbeda-beda setiap kali ada transaksi. Sehingga antar nasabah tidak akan sama nomor virtual account-nya.

Contoh toko online yang menggunakan virtual account adalah bukalapak, tokopedia, lazada dan lain-lain.

2). Asuransi

Industri asuransi yang memiliki nasabah yang banyak, sangat cocok jika menggunakan virtual account. Penggunaan virtual account biasanya digunakan untuk menerima pembayaran premi dari nasabah. Setiap polis asuransi, akan memiliki nomor polis dan nomor virtual account yang berbeda-beda.

Selanjutnya nasabah dapat melakukan pembayaran premi ke nomor virtual account tersebut, dan pembayarannya akan dapat langsung terverifikasi.

3). Facebook

Facebook merupakan layanan sosial media yang banyak dinikmati orang indonesia. Salah satu layanan yang banyak digunakan adalah iklan. Pembayaran iklan akan mudah jika menggunakan kartu kredit. Setiap kali pengguna facebook membuat iklan, biayanya secara otomatis akan ditagihkan ke kartu kredit.

Virtual account merupakan solusi bagi pengiklan yang tidak memiliki kartu kredit. Pengiklan dapat mengisi akun deposit di akun facebook-nya menggunakan virtual account. Virtual account setiap orang akan berbeda-beda untuk setiap pengiklan. Setelah sejumlah dana yang telah ditentukan sebelumnya ditransfer ke virtual account, secara otomatis akun facebook pengiklan akan terisi sejumlah dana tersebut. Setiap pengiklan membuat iklan di facebook, akan memotong secara otomatis dana di akun facebook tersebut.

4). Adwords

Adwords adalah layanan periklanan dari google. Setiap orang yang akan beriklan di adwords dapat menambahkan sejumlah dana terlebih dahulu ke virtual account yang telah ditentukan oleh google. Untuk google, proses masuknya dana ke akun adwords pengiklan agak lama, kurang lebih 5 hari kerja.

Keuntungan



1). Lebih memudahkan dalam pengecekan pembayaran bagi penerima dan yang membayarkan. Karena nomor virtual account setiap nasabah berbeda-beda, sehingga setiap ada pembayaran akan mudah untuk dilakukan pengecekan.

2). Nomor rekening asli dapat terlindungi dengan adanya nomor virtual account.

3). Waktu konfirmasi pembayaran yang lebih cepat. Biasanya setiap orang yang membayar menggunakan virtual account, dapat menerima konfirmasi pembayaran saat itu juga melalui sms.

4). Rekonsiliasi hasil pembayaran yang lebih cepat dan akurat.

5). Mempercepat collection tagihan kepada setiap mitra usaha atau nasabah.

Pengguna Virtual



Pengguna virutal account biasanya adalah badan usaha yang memiliki usaha besar dengan jumlah nasabah yang sangat banyak. Jumlah nasabah yang sangat besar menyulitkan dalam hal pengecekan pembayaran, jika harus menggunakan rekening asli. Dengan virtual account, setiap nasabah akan memiliki nomor rekening khusus yang lebih mudah untuk dilakukan pengecekan. Sedangkan induk dari semua rekening virtual account adalah satu buah rekening asli.

Pembuatan



Untuk membuat virtual account, nasabah harus mengajukan secara khusus kepada pihak Bank. Tidak semua nasabah yang berupa lembaga usaha, dapat disetujui untuk membuat virtual account. Ada kriteria khusus, sehingga suatu usaha dapat diijinkan memiliki virtual account di lembaga perbankan.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search