banner here

Cara Install Ubuntu Atau Linuxmint Atau Ubuntu 16.04 18.04

- July 12, 2018
advertise here
Cara install linuxmint os sama dengan ubuntu os. Sehingga jika saat ini sobat ingin melakukan instalasi linuxmint os atau ubuntu os, maka tutorial ini tepat untuk diikuti.

Linuxmint os merupakan turunan dari ubuntu os LTS (long term support). Dalam jangka waktu 5 tahun, dari pihak pengembang (Perusahaan Canonical, selaku pengembang ubuntu) akan memberikan update dan maintenance aplikasi dan sistem operasi. Linuxmint 18.2 yang merupakan versi terbaru linuxmint os, akan disupport sampai dengan April 2021.

Persiapan



Untuk melakukan instalasi linuxmint atau ubuntu, berikut ini hal-hal yang dibutuhkan :

1). Komputer windows. Minimal RAM adalah 2 giga dan minimal harddisk adalah 20 giga.

2). Installer linuxmint atau ubuntu. Jika belum memiliki, silakan baca tutorial tentang cara membuat installer linux.

Cara Install Linuxmint Atau Ubuntu



1). Masukkan installer linuxmint ke dalam USB atau DVD room yang tersedia

2). Pencet tombol keyboard yang memungkinkan untuk booting dari USB atau DVD. Masing-masing pabrikan laptop atau motherboard memiliki tombol yang berbeda-beda. Misalnya untuk laptop MSI, maka tombol bootingnya adalah F11 dan motherboard ECS, tombol bootingnya adalah F7. Jika kebetulan sobat memiliki laptop atau motherboard yang berbeda, kemungkinan besar tombol bootingnya juga berbeda. Berikut ini tampilan proses pemilihan booting.

cara-install-os-windows10-1.jpg


Untuk tutorial kali ini, kami menggunakan flashdisk toshiba. Tekan enter pada bagian flashdisk toshiba.

3). Jika langkah nomor 2 berhasil, maka akan tampak tampilan berikut ini. Kemudian klik tombol "Install Linux Mint"




4). Tampilan pertama proses instalasi adalah sebagai berikut.




Klik tombol continue.

5). Centang bagian "install third party software for graphics and Wi-fi hardware, flash, MP3 and media". Klik continue.




6). Ada 3 pilihan cara install linux. Karena tujuan tutorial ini adalah untuk install linux supaya bisa digunakan secara mandiri, bukan dual booth, maka pilihlah opsi "Erase disk and install linux mint". Pilihan ini akan menghapus semua isi yang ada di harddisk dan menggantinya dengan linuxmint OS.




7). Buatlah minimal 3 buah partisi yaitu swap, boot dan sistem. Semua partisi yang kami buat, semuanya menggunakan tipe logical. Untuk membuat partisi, klik tombol plus. Untuk menghapus partisi, klik tombol minus. Perhatikan gambar berikut :




a). Partisi utama (sistem)

Semua file sistem linuxmint akan diletakkan di dalam partisi ini. Perhatikan gambar berikut untuk membuat partisi file sistem. Besarnya partisi file sistem minimal 20 giga.




b). Partisi swap

Untuk membuat swap, silakan perhatikan gambar berikut.




Kami membuatnya sekira 4 Giga. Memori yang kami gunakan adalah 16 giga, sehingga swap sebesar 4 giga, sudahlah cukup.

c). Partisi boot

Untuk membuat partisi boot, sama seperti membuat partisi swap, tapi ganti pilihan use as dengan "boot". Besarnya partisi boot yang kami gunakan adalah 1 giga.

Biasanya partisi home dibuat tersendiri dalam OS Linux, tapi untuk kemudahan dan kepraktisannya, partisi home kali ini sudah jadi satu dengan partisi utama(File Sistem)

Setelah semua partisi dibuat, klik tombol install yang diarahkan ke partisi utama.

8). Selanjutnya adalah pemilihan lokasi komputer. Silakan pilih jakarta, karena yang tercantum untuk wilayah indonesia adalah kota jakarta.




9). Pilih layout keyboard adalah English (US).




10). Nama komputer dan username. Namai komputer yang dicintai misalnya dengan nama komputer-cinta dan username misalnya superman. Untuk password silakan sesukanya. Selanjutnya klik tombol continue




11). Proses instalasi. Proses instalasi linuxmint tidaklah lama, kurang lebih 30 menit.




12). Jika instalasi telah berhasil, maka komputer diharuskan untuk direstart. Tampilan linuxmint adalah sebagai berikut :




13). Selesai.

Fitur-Fitur Linuxmint



1). Kompatible dengan banyak modem. Kami menggunakan modem mifi huawei unlock dan bisa langsung terdeteksi dan digunakan untuk berinternet. Istilah kerennya adalah plug and play.

2). Aplikasi pengolah gambar gratis. Aplikasi ini mirip dengan Adobe CS6, tentu saja dengan fitur yang tidak selengkap Adobse CS6.

3). Aplikasi perkantoran seperti words ,excel dan lain sebagainya.

4). Terminal yang dapat digunakan untuk login ssh.

5). Aplikasi pengambil gambar layar (Screenshot). Kalau di windows namanya snipping tool.

6). Ukuran memori dan harddisk yang digunakan adalah kecil. Minimal memori adalah 2 giga dan minimal harddisk adalah 20 giga.

7). Gratis support update software dan maintenancenya sampai dengan 5 tahun ke depan.

8). Support untuk banyak printer.

Dan masih banyak fitur lainnya yang belum kami explore dan gunakan sampai saat ini. Untuk menggunakan semua fitur yang ada di dalamnya, tentu membutuhkan waktu. Yang terpenting adalah kebutuhan dasar komputer sudah terpenuhi, misalnya untuk tulis menulis, internet dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak distro linux yang pernah kami uji, hanya ubuntu dan turunannya, dalam hal ini linuxmint yang paling mudah proses instalasinya. Pokonya cocok banget untuk pemula. Dan semoga tutorial cara install linuxmint atau ubuntu ini bermanfaat bagi sobat semua.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search