banner here

Cara Membuat Installer OS Linux Ubuntu Linuxmint Opensuse

- July 10, 2018
advertise here
Sistem operasi linux menjadi salah satu sistem operasi favorit yang banyak digunakan di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri banyak sekali komunitas linux yang membuat kustom linux, contohnya blankon OS. Oleh karena itu, kami menjadi tertarik untuk berbagi tutorial tentang cara membuat installer OS linux sebagai langkah pertama untuk menggunakan OS linux.

Sebenarnya banyak penjual DVD dan flash disk yang sudah jadi berupa installer OS linux. Namun, dengan membeli installer yang sudah jadi, ada satu ilmu tentang linux yang tertinggal, yaitu membuat installer sistem operasi linux yang sangat mudah yang dapat dibuat oleh seorang pemula sekalipun.

Tutorial kami kali ini adalah membuat installer OS linux linuxmint. Linuxmint menjadi pilihan kami karena kemudahannya dan ukurannya yang tidak besar, kurang lebih 1,6 giga. Versi linuxmint yang dirilis saat tulisan ini dibuat adalah linuxmint sonya (18.2). Linuxmint merupakan turunan dari ubuntu LTS (long term support). Dukungan software dan maintenance-nya kurang lebih mencapai 5 tahun (21 April 2021). Sehingga sobat semua menjadi nyaman dengan dukungan dari banyak komuniti pembuat dan pengguna linuxmint serta perusahaan ubuntu.

Tutorial ini juga bisa digunakan untuk OS linux lainnya. Misalnya debian, ubuntu, centos dan masih banyak lainnya.

Persiapan



Untuk membuat installer linux, berikut ini daftar alat dan bahan yang harus disiapkan.

1). Sistem operasi windows. Sistem operasi windows menjadi pilihan karena kemudahannya. Aplikasi yang digunakan untuk membuat installer juga kebanyakan diperuntukkan untuk windows.

2). DVD atau flash disk. Untuk sistem operasi linuxmint, ukuran flashdisk dan DVD yang perlu disiapkan minimal 4 Giga. Jika sobat berminat dengan opensuse(yang katanya lebih stabil dari ubuntu), maka ukuran DVD dan flashdisk yang perlu disiapkan kurang lebih 6 Giga.

3). Aplikasi rufus. Dapat didownload di situs resminya rufus.akeo.ie. Selain rufus, ada banyak aplikasi lainnya yang dapat digunakan. Contohnya universal USB installer, dan masih banyak lainnya.

4). OS linuxmint dalam bentuk ISO (disc image file) yang dapat didownload di linuxmint.com

Pembuatan Installer Linuxmint



Berikut langkah-langkah membuat installer linux dengan flashdisk dan DVD.

Flashdisk Installer Linux

1). Klik dua kali pada aplikasi rufus. Aplikasi rufus tidak perlu diinstall. Ketika di-klik dua kali, aplikasinya akan otomatis bisa digunakan.




Perhatikan semua parameter yang digunakan yang ditandai dengan panah abu-abu. Samakan persis ya, karena terkadang jika parameternya tidak seperti demikian, hasilnya bisa beda.

2). Masukkan file ISO linuxmint dengan cara klik gambar disc yang ditunjukkan dengan panah orange.

3). Jika file ISO telah diload, maka akan terlihat tulisan "Using image:linuxmint-18-2-cinnamon-64bit.iso". Setelah itu klik tombol start.




3). Tunggu hingga proses pembuatan installer selesai.

4). Flashdisk siap digunakan.

DVD Installer Linux

1). Masukkan DVD di tempat DVD room. Kita bisa menggunakan DVD room portable atau DVD room yang terinstall di PC komputer.

2). Klik kanan file ISo. Maka akan terlihat tulisan "burn disc image"




3). Klik menu burn disc image

4). Setelah itu akan muncul menu Windows Disc Image Burner. Langkah pertama pilih lokasi dimana DVD ditempatkan. Langkah kedua adalah klik menu burn. Centang kotak kecil yang berisi tulisan "Verify disc after burning" supaya muncul notifikasi bahwa proses burning telah selesai.




5). Tunggu hingga proses burn disc selesai dan DVD siap untuk digunakan.

Demikian tutorial singkat tentang cara membuat installer sistem operasi linux. Tutorial ini dapat diterapkan untuk semua OS linux. Installer ini dapat diinstall di PC satu OS atau dual OS dengan Windows.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search