banner here

Cara Mengembalikan File Yang Dihapus Di Windows 10 Yang Benar

- July 04, 2018
advertise here
Setiap pengguna windows dapat membuat dan menghapus file atau folder sesuai dengan kebutuhan. Masalah yang terkadang timbul adalah file dan folder yang dihapus ternyata masih berisi hal-hal yang dibutuhkan. Oleh karena itu windows 10 memiliki sistem restore file dan folder yang dapat digunakan dengan mudah. Syaratnya adalah harddisk yang digunakan belum pernah diinstall ulang atau diformat ulang. Jika hal itu dilakukan, sistem restore file dan folder yang biasa digunakan menjadi tidak bisa digunakan.

File dan folder di dalam windows 10 dapat dihapus, baik secara sengaja atau tidak sengaja. Sebenarnya file atau folder yang dihapus tersebut tidak serta merta hilang dari sistem komputer windows. Di dalam sistem komputer windows 10, terdapat suatu sistem yang dinamakan "Recycle Bin". Semua file atau folder yang terhapus atau dihapus secara sengaja, akan ditampung terlebih dahulu di dalam "Recycle Bin". Jika pengguna windows ingin mengembalikan atau merestore file atau folder tersebut, dapat dilakukan dalam waktu singkat.

Cara Merestore File Atau Folder



Untuk memahami proses restore file atau folder, berikut kami perlihatkan bagaimana suatu file atau folder terhapus dan bagaimana cara merestore file atau folder tersebut kembali seperti sediakala.

1). Kondisi Awal Recycle Bin




Kondisi awal recycle bin yang kosong, tidak ada file atau folder di dalamnya.

2). Kondisi Recycle Bin Terisi File Folder Yang Dihapus

Mari kita hapus beberapa file dan folder dan kemudian perhatikan isi dari "recycle bin". Kami hapus file dan folder bernama file-dihapus.jpg dan folder-dihapus. Selanjutnya perhatikan kembali isi dari recycle bin.




Kini di dalam recycle bin terdapat file dan folder yang dihapus. Langkah selanjutnya adalah mengembalikan file dan folder tersebut ke tempatnya semula agar dapat digunakan kembali.

3). Merestore File Atau Folder




Untuk mengembalikan file atau folder lakukan beberapa langkah mudah berikut :

a). Klik kanan pada file atau folder yang akan direstore

b). Kemudian klik restore untuk mengembalikan file tersebut

c). Maka file atau folder tersebut akan kembali ke tempatnya semula. Kebetulan, kami membuat file dan folder tersebut di folder pictures. Berikut ini file dan folder yang telah direstore kembali.




4). Menghapus Isi Recycle Bin

Jika pengguna windows menghapus semua isi recycle bin, maka semua file dan folder yang telah dihapus tadi tidak akan dapat direstore dengan cara seperti yang telah kami perlihatkan di tutorial ini.

Untuk mengembalikan kembali file dan folder yang benar-benar telah dihapus dari recycle bin memerlukan teknik dan aplikasi khusus yang mungkin akan kami buat tutorialnya di lain waktu.

Oleh karena itu, agar file dan folder tidak benar-benar hilang dari komputer, teliti terlebih dahulu semua isi file dan folder di recycle bin sebelum benar-benar mengosongkannya. Karena bisa jadi file dan folder yang telah dikosongkan dari recycle bin, tidak dapat direstore kembali selamanya.

Demikian cara restore file dan folder yang telah dihapus di komputer Windows 10. Semoga bermanfaat.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search