banner here

Jenis-Jenis Kata Kunci Yang Berlaku Untuk Mesin Pencari

- July 10, 2018
advertise here
Kata kunci atau biasa dikenal dengan keywords adalah rangkaian huruf yang ada di internet, bisa di blog, forum, ada berbagai jenis platform lainnya yang bisa dikenal oleh mesin pencari. Ketika seseorang mengetik sesuatu di mesin pencari untuk mencari sesuatu dan memberikan hasil daftar pencarian, akan tampak berbagai halaman website yang sudah diindex atau dimasukkan ke dalam database mensin pencari. Nah, hasil-hasil itulah yang menunjukkan berbagai kata kunci yang sudah diramu sedemikian rupa dan disajikan kepada pengguna mesin pencari.

Kata kunci yang saat ini berlaku ada 3 jenis. Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Saya pun belum paham betul tentang hal ini dan mungkin sebagian besar masyarakat internet. Tentu yang memahami bagaimana kata kunci berlaku dan bagaimana hal tersebut disajikan di halaman mesin pencari, tentunya pemilik mesin pencari itu sendiri. Berikut pemahasan singkat tentang ketiga kata kunci tersebut.


Broad



Broad adalah jenis kata kunci yang secara umum ada di suatu rangkaian kata. Kata kunci ini tidak spesifik untuk suatu pencarian tertentu. Karena keumuman rangkaian kata ini, biasanya harga kata kunci tersebut juga tidak begitu mahal. Namun tidak bisa tertarget untuk suatu jenis kata pencarian khusus. Hal ini tentu saja bisa merugikan bagi pengiklan yang tidak paham benar. Uang yang diinvestasikan di grup ini bisa hilang tanpa hasil yang jelas atau bahkan tanpa hasil sekalipun.

Contoh

Kata kunci broad : Muslim Baik

Target kata kunci : Baju Muslim

Dalam kondisi seperti ini, jika seseorang mengetikkan kata kunci "muslim yang baik hati", maka kemungkinan besar semua website yang memiliki kata kunci "muslim" di dalamnya bisa dimasukkan dalam kata pencarian tersebut. Maka ada kemungkinan website dan blog yang memiliki rangkaian kata seperti "baju muslim" , "jadi muslim yang baik", dan lain sebagainya dapat dimasukkan ke dalam daftar pencarian.

Hal inilah yang menyebabkan kata kunci ini menjadi tidak spesifik menjadikan blog yang dibuat tidak memiliki pengunjung yang spesifik tertarget sesuai dengan tema website yaitu "Baju Muslim". Rangkaian kata ini bisa puluhan ribu atau bahkan jutaan tiap harinya. Sehingga jangan senang dulu jika pengunjungnya ribuat tiap hari, karena belum tentu "orang yang mampir" di blog saudara adalah sesuai dengan apa yang dikehendaki.

Jika Tuhan mengijinkan, maka tentu saja orang yang mampir di blog tersebut tertarik dengan apa yang disajikan. Tetapi karena apa yang disajikan tidak sesuai dengan apa yang dicari, tentu banyak yang meninggalkan begitu saja.

Penggunaan

Kata kunci ini biasanya digunakan untuk branding agar website memiliki branding yang kuat di mesin pencari. Hal ini tentu membutuhkan waktu dan tentunya investasi uang yang banyak pula. Bagi pedagang atau pemilik blog skala kecil, tentu sangat berat.

Harga

Harganya cukup murah. Mungkin untuk target market di indonesia, harganya sekitar Rp. 80 sampai Rp. 100 per kata kunci. Cukup murah bukan?

Kualitas

Kualitas kata kunci "broad" kurang begitu bagus, karena tidak spesifik dengan apa yang ditargetkan. Pencariannya pun sangat acak dan susah diprediksi.

Phrase



Kata kunci phrase adalah salah satu kata kunci yang kemungkinan masih menguntungkan. Kata kunci ini adalah kata kunci dalam kategori "long tail keywords". Penggunaan "long tail keywords" menjadi dominan saat ini. Tentunya bagi pemilik blog dengan modal kecil, dapat memberikan sedikit angin segar yang mudah-mudahan ada satu atau dua visitor dapat sesuai dengan target kata kunci yang dibidik.

Contoh

Kata kunci : "Baju Hijau"

Long tail keywords : "Bapak Juga Senang Pakai Baju Yang Warna Hijau"

Di dalam kata kunci tersebut masih terselip kata "baju" dan "hijau". Kedua phrase ini menjadi salah satu kata kunci dengan turunan "Bapak Juga Senang Pakai Baju Yang Warna Hijau". Turunan kata kunci ini bisa bervariasi dan sangat sulit untuk ditemukan. Karena rangkain phrase yang dibuat oleh setiap mesin pencari berbeda-beda dan jumlahnya bisa ribuan atau mungkin ratusan ribu perharinya. Tentu hal ini hanya pengelola mesin pencari tersebut yang tahu rumusannya.

Penggunaan

Bagi pemilik blog bisa membidik bentuk phrase ini, asalkan tahu bentuk phrase-nya yang bagaimana dan cara peletakan kata kunci tersebut, baik di title, description dan di halaman artikel tersebut.

Harga

Harga kata kunci dalam bentuk phrase biasanya lebih mahal dari board. Karena begitu banyaknya blog yang memiliki kata kunci berbentuk phrase.

Kualitas

Kata kunci berbentuk phrase merupakan salah satu yang memiliki tingkat kompetisi yang sangat tinggi. Sehingga tidak heran harganya lumayan mahal. Walaupun demikian, ada beberapa rangkaian kata kunci yang memiliki kualitas rendah dan harganya pun terkadang bisa Rp. 0. Tetapi walaupun demikian, bukan berarti kata kunci tersebut mudah untuk dicapai di dalam SERP.

Exact



Kata kunci "exact" merupakan salah satu kata kunci yang bernilai mahal. Karena berkaitan dengan kata kunci yang memiliki kata yang sangat tepat atau akurat. Kata kunci seperti ini biasanya dimiliki oleh perusahaan dengan modal yang besar. Jadi sepertinya bagi pemodal kecil atau apalagi kualitas artikelnya rendah, sangatlah susah untuk bersaing dengan kata kunci "exact".

Contoh

Kata kunci : "Baju Muslim"

Jika exact keyword yang ditarget, maka kata kunci tepat dengan kata "Baju Muslim" dan atau turunannya yang sangat dekat, akan dapat ditarik untuk mendatangkan traffik yang cukup melimpah jumlahnya.

Tentu saja sangat susah bagi blog baru. Blog lama pun juga demikian. Karena biasanya kata kunci jenis ini dijual dengan harga yang cukup mahal.

Penggunaan

Kata kunci "exact" dapat langsung diletakkan di title, description dan isi artikel. Namun dengan kompetisi yang amat ketat, hal ini sangat-sangat susah sekali.

Harga

Harga kata kunci "exact" untuk pasar indonesia, kurang lebih Rp. 5.000 per kata kunci. Untuk pasar luar negeri, misalnya amerika bisa mencapai minimal Rp. 50.000 per kata kunci, sekali klik iklan.

Kualitas

Kualitas kata kunci "exact" adalah kata kunci yang sangat tertarget. Tentu saja, kata kunci tersebut yang harus memiliki nilai bisnis yang menjual dan banyak pencariannya. Jika "exact" tersebut adalah jarang pencariannya, tentu nilainya kecil karena jarang atau malah tidak ada pencariannya.

AI



Saat ini google menerapkan teknologi artificial intelligence. Itu artinya, bentuk-bentuk pencarian sudah melalui teknologi yang mirip dengan apa yang manusia lakukan. Sebagai pengguna, tidak ada yang tahu, apa yang dilakukan teknologi AI ini. Tetapi, semakin hari, sepertinya makin banyak blog-blog yang tenggelam, baik blog lokal atau blog secara umum di dunia.

Aplikasi Penangkap Kata Kunci



Dengan menggunakan google webmaster, seorang blogger bisa mengetahui kata kunci yang ditangkap oleh mesin pencari google terhadap rangkaian kata yang ada di dalam postingan artikel.

Tetapi pertanyaannya adalah seberapa bagus kata kunci yang telah ditangkap tersebut.

Misalnya sobat memiliki kata kunci di dalam postingan yaitu "makan roti bakar". Dan kenyataannya adalah kata kunci yang tertangkap di dalam mesin pencari adalah "makan roti tawar keju yang dibakar". Maka nilai daripada kedua kata kunci ini adalah berbeda.

Tentu jika website tersebut adalah perwakilan dari usaha roti bakar yang menjual roti tawar bukan keju, hasilnya kurang memuaskan.

Solusinya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Diantaranya adalah ahref, wordstream, semrush dan lain sebagainya.

Beberapa aplikasi tersebut memiliki kemampuan untuk menangkap kata kunci apa saja yang sebenarnya ditangkap oleh mesin pencari dan mendatangkan traffik ke suatu blog atau website.

Jika kita tahu kata kunci apa yang benar-benar memberikan keuntungan, tentu akan lebih mudah untuk melakukan langkah optimasinya. Dan pembahasan tentang hal ini tentu tidak mudah dan memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Kesimpulan



Kata kunci "broad" , "phrase" dan "exact" memiliki trend yang secara umum makin sulit untuk dicapai dan memiliki kecenderungan untuk dijual semuanya. Sehingga semakin lama, banyak blog-blog yang tenggelam di dalam arung jeram internet. Dan tidak ada yang tahu apa yang terjadi dengan blog-blog tersebut. Kecuali memakai PPC alias membeli iklan dari mesin pencari dan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sehingga ada kata-kata para pakar SEO yang terkenal, "The Blog Is Dead".
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search